PLN Siap Tertibkan Biaya Pasang Listrik

September 6, 2011 at 12:11 1 comment

Pontianak – Pemasangan baru listrik untuk wilayah Sintang dan sekitarnya masih mencekik rakyat. Hanya untuk daya 900 VA, pelanggan harus menguras dompet mulai Rp 5 juta hingga Rp 7 juta di luar pemasangan instalatir dalam rumah. Ironisnya harga tersebut seolah sudah diberlakukan PT PLN Ranting Sintang.

“Jelas ini memberatkan kita sebagai calon pelanggan. Saya saja pasang baru dengan daya 900 watt dikenakan biaya Rp 5 juta. Itu di luar biaya instalatir dalam rumah,” keluh Ahmad, warga Baning Pantai Kabupaten Sintang, kepada Equator, Jumat (26/8).

Harga Rp 5 juta setiap pemasangan baru listrik di Sintang, kata Ahmad, sudah berlaku setiap warga yang ingin memasang listriknya. “Kata petugas yang memasang listrik harga tersebut sudah berlaku di PLN Sintang. Kita terima bersih mereka yang mengurus pemasangan Kwh baru ke pelanggan,” jelas Ahmad.

Menanggapi hal tersebut, General Manager PT PLN Wilayah Kalbar, Ir Bambang Budiarto untuk biaya pasang baru daya 900 VA, tarif PLN adalah sebesar Rp 675.000 ditambah meterai Rp.6000.

“Harga tersebut di luar biaya instalasi listrik di rumah yang besarnya ditetapkan oleh instalatir sesuai dengan banyaknya titik lampu dan stop kontak yang akan dipasang,” jelas Bambang melalui pesan singkatnya.

Ditanya bila pemasangan tersebut di luar harga yang telah ditetapkan, Bambang siap melakukan penertiban. “Kalau memang ada buktinya saya akan lakukan penertiban. Kalau ada, saya minta tolong dikirim ke saya kuitansi dan nama pegawai PLN yang mengurusnya,” tegas Bambang.

Hal senada juga diutarakan, Arif, Manajer PLN Cabang Sanggau. “Saya minta sampaikan data rinci dan bukti kuitansi menyangkut harga pasang baru tersebut untuk kita proses,” timpal Arif.

Penegasan yang sama juga disampaikan Manajer PT PLN Cabang Pontianak, Fauzi Arubusman. “Kalau ada pemasangan baru di luar ketentuan pasti akan kita tindak,” tegasnya.

Mengenai harga pasang baru, jelas Fauzi, berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 07 Tahun 2010 tanggal 30 juni 2010, untuk Daya 450 VA, Rp 337.500, daya 900 VA Rp 675.500, daya 1300 VA Rp 975.500. Kemudian daya 2200 VA Rp 1.650.000, daya 3500 VA Rp 2.712.500, daya 4400 VA Rp 3.410.000, dan daya 5500 VA Rp 4.262.000.

“Itu harga yang disetorkan di PLN melalui bank yang ditunjuk. Untuk pemasangan instalasi listrik, calon pelanggan bisa berhubungan dengan instalatir yang terdaftar di PLN, dengan syarat foto copy KTP, sket lokasi dan rekening listrik tetangga terdekat. Calon pelanggan dapat datang langsung di unit pelayanan PLN terdekat,” papar Fauzi.

Advertisements

Entry filed under: Pontianak, Sintang. Tags: , , , , .

Setoran Modal Bank Kalbar Rp250 M Distribusi BBM ke Hulu Bermasalah

1 Comment Add your own

  • 1. muis  |  May 25, 2012 at 11:23

    mnrt praturan mentri tntg harga PB mmg btl,it d luar biaya instalasi. klu blh sy tny ad nggk peraturan mentri tntang trunya harga beras dan bbm, dan brg2 lainya? jelas nggk ad,,, coba bpk GM PT. PLN WIL KAL-BAR bandingkan harga matrial, dan biaya hidup utk daerah bagian hulu, khususnya pinoh, sintang, dan putussibau, itu sngat tinggi. seharusnya PLN membenahi diri terlebih dahulu, apkh dlm PT.PLN it sdh bnr dlm mnjlankan tugas sehari-hari. br menertibkan semua yang ad d dalam maupun d lapangan, tetapi bagaimana PT.PLN mau menertibkan, klu d dalamnya aj, bnyak TIKUS2 KANTOR, KUCING DATANG TIKUS MENGHILANG, tikus2 kantor ini sangat pintar d banding kucing. sy rasa apabila dr dlm tubuh PLN itu sendiri sudah BERSIH, mungkin tidak ad lg permasalahan yang timbul d dalam maupun d lapangan. hilangkan MONOPOLI, NEPOTISME, KORUPSI, SOPOI MENYOPOI

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: