Setoran Modal Bank Kalbar Rp250 M

September 5, 2011 at 14:10 Leave a comment

Pontianak – Komitmen Bank Kalbar menjadi Regional Champion di Kalbar mendapat dorongan dari pemerintah provinsi dan DPRD Kalbar. Dorongan tersebut berupa disetujuinya penambahan setoran modal sebesar Rp250 miliar hingga 2015 mendatang.

“Setelah melakukan pembahasan, Pansus bersama tim eksekutif dan hasil konsultasi dengan Mendagri, penyertaan modal itu tidak dipermasalahkan. Namun, pola penyertaan modalnya saja yang diubah,” kata M Syafrani SH, Ketua Pansus Raperda Penambahan Setoran Modal kepada wartawan usai paripurna laporan hasil kerja Pansus, Jumat (26/8).

Pola penyertaan modalnya, sambung dia, berdasarkan saran dari pihak Kemendagri disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Namun tidak disebutkan dalam Perda itu nominal setiap tahunnya.

“Penyertaan modalnya tetap Rp250 miliar hingga 2015 mendatang. Hanya saja setiap tahunnya disesuaikan dengan kemampuan atau kondisi keuangan daerah. Sebaiknya memang seperti itu,” kata Syafrani.

Ditanya soal pengesahan atau persetujuan Perda tentang Penambahan Setoran Modal Bank Kalbar, Syafrani mengatakan, pada prinsipnya Fraksi-Fraksi di DPRD Kalbar mendukung. Bahkan akan diparipurnakan kembali untuk disahkan bersamaan dengan dua Raperda lainnya. “Artinya setoran modal Rp250 miliar itu dapat disetujui dan tinggal menunggu pengesahannya saja,” ujarnya.

Selain itu, Syafrani menambahkan, selain mendorong Bank Kalbar sebagai Bank Regional Champion, setoran modal yang diberikan pemerintah Kalbar juga sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD). “Sebagai salah satu kontribusi terhadap PAD adalah PT Bank Kalbar. Ini dilihat dari nominal dividen yang disetorkan sebagai PAD dari tahun ke tahun yang semakin meningkat,” jelasnya.

Modal di sektor Pemprov kepada Bank Kalbar sampai 31 Desember 2010 sudah mencapai Rp131.327.000.000. Dividen yang sudah disetorkan sebagai PAD pada tahun 2008 sebesar Rp25.196.532.237, pada 2009 meningkat menjadi Rp34.764.849.177, dan pada 2010 meningkat lagi menjadi Rp39.387.190.922. “Dilihat dari nominal dividen ini cukup potensial kontribusi Bank Kalbar terhadap PAD. Karena itu setoran modal itu patut didukung,” kata Syafrani yang juga Wakil Ketua Komisi C ini.

Memang, sambung politisi daerah pemilihan Kota Pontianak ini, ke depan Bank Kalbar harus meningkatkan kredit produktif dengan tidak meninggalkan kredit konsumtif. Karena, keberadaan Bank Kalbar juga diharapkan mendorong laju pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di daerah ini.

“Tambahan setoran modal nantinya betul-betul dapat meningkatkan perekonomian di Kalbar. Ditekankan kepada Bank Kalbar agar dapat memaksimalkan penyaluran kredit produktif kepada Usaha Mikro dan Kecil (UMK) dengan suku bunga ringan,” harap Syafrani.

Komitmen Bank Pembangunan Daerah menjadi Regional Champion (BRC) yang telah ditandatangani bersama oleh seluruh Direktur Utama BPD, Gubernur se-Indonesia dan Komisaris Utama pada tanggal 21 Desember 2010 di hadapan Wakil Presiden, Menteri Dalam Negeri, dan Gubernur Bank Indonesia di Gedung Bank Indonesia Jakarta menjadikan Bank Kalbar sebagai Regional Champion di Kalbar.

Direktur Utama (Dirut) PT Bank Kalbar, Sudirman HMY menyampaikan bahwa saat ini modal Tier 1 Bank Kalbar baru mencapai Rp660 miliar, artinya masih kekurangan sekitar Rp400 miliar untuk mencapai Rp1 triliun.

Sudirman mengatakan, untuk mencapai target Rp1 triliun, ada beberapa strategi untuk penambahan modal, yaitu penambahan modal dari shareholder, melakukan penawaran umum saham perdana atau Initial Public Offering (IPO). Selain itu memperbesar porsi laba ditahan (retained earnings), melakukan emisi obligasi sub debt dan melakukan merger dan akuisisi dengan batasan dan persyaratan tertentu.

“Namun langkah yang utama dilakukan yaitu penambahan modal dari shareholder, mengingat return yang diberikan oleh Bank Kalbar saat ini kepada shareholder mencapai 34,40 persen,” tegas Sudirman.

Advertisements

Entry filed under: Pontianak. Tags: , , , .

Kaji Fenomena Gempa di Singkawang PLN Siap Tertibkan Biaya Pasang Listrik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: