Pelabuhan di Padati Pemudik

September 5, 2011 at 14:00 Leave a comment

Pontianak – Terminal keberangkatan Pelabuhan Dwikora Pontianak dipadati penumpang kapal laut tujuan Surabaya dan Semarang, Sabtu (27/8). Dua keberangkatan tersebut diprediksi sebagai puncak pada arus mudik Lebaran 2011 melalui jalur laut di Kalbar.

“Menjelang tiga hari Lebaran (H-3) diperkirakan jadi puncak arus mudik. Ada dua kapal berangkat dengan tujuan Pulau Jawa. Lonjakan penumpang tidak terlalu signifikan dibanding tahun sebelumnya,” kata M Adi Ismail, Kepala Posko Angkutan Arus Lebaran Pelabuhan Dwikora Pontianak.

Kendati demikian jumlah penumpang tetap meningkat. Peningkatan tersebut mencapai angka 10 persen, bila dibanding aktivitas penumpang pada hari biasa. Tetapi jumlah itu turun jika membandingkan data penumpang pada arus mudik kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Ismail mengatakan, kapasitas penumpang yang diangkut juga masih dalam kapasitas wajar. Pihaknya memberi perhatian secara intens untuk menjamin angkutan tidak melebihi kapasitas. Meski fasilitas keberangkatan beberapa di antaranya ditambah.

”Memang ada beberapa penambahan kapasitas untuk pelayanan pemudik. Tapi semua masih dalam batas normal dan tidak mengurangi keselamatan,” kata Ismail.

Karena itu, lanjut dia, aktivitas arus mudik sepenuhnya masih dalam keadaan normal. Mengingat tidak terjadi lonjakan penumpang yang berarti. Hanya saja untuk pelayanan mudik lebih mendapat perhatian khusus dibanding hari biasa.

Sementara suasana terminal pelabuhan telah sesak sejak pagi pada jadwal keberangkatan kapal. Para penumpang tampak berdesakan hanya karena ingin mendapat tempat di ruang tunggu dalam terminal. Bahkan sebagian terpaksa menunggu di luar area ruang tunggu, akibat kapasitas yang tidak mencukupi untuk menampung mereka.

Hal tersebut bisa dimaklumi, karena, menurut Ismail, untuk terminal penumpang aksesnya memang terjadi penurunan atas seluruh total luas pelabuhan. Bila sebelumnya bisa menampung sekitar 2.000 penumpang kini hanya tersisa untuk 200 penumpang.

Sementara Suparjo, 45, salah satu penumpang jurusan Surabaya yang sedang menunggu kapal pelabuhan Pontianak mengatakan, penumpang yang menunggu kapal tersebut sudah lama, bahkan jadwal kapal terus ditunda hingga sore. Padahal jadwal yang ditentukan dari pihak kapal sekitar pukul 10.00, namun terus ditunda.

“Kami dari Sintang dengan keluarga mau pulang kampung daerah Surabaya, karena sudah lama tak Lebaran di kampung. Tetapi sampai saat ini kapal tak kunjung datang. Padahal jadwal tiket sekitar pukul 10.00 tetapi ditunda hingga tiga kali. Awalnya pukul 10.00 ditunda pukul 12.00, namun informasi terakhir keberangkatan ditunda lagi sampai pukul 15.00,” ungkap Suparjo saat menunggu kapal KM Bukit Raya jurusan Surabaya

Advertisements

Entry filed under: Pontianak. Tags: , , , , .

Judi Di Desa Korek di Grebek Wabup Mempawah Janji Maksimalkan PAD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: