Hasil Tes CPNS Kubu Raya Dibatalkan

September 5, 2011 at 13:44 Leave a comment

Sungai Raya – Hasil tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Kubu Raya tahun 2010, yang meluluskan 236 peserta dibatalkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan), EE Mangindaan. Hal ini setelah Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kubu Raya menerima fotokopi surat tersebut.

”Kita baru terima suratnya Kamis malam 16 Agustus 2011. Namun surat secara resmi dari Kemenpan malahan belum diterima. Kami hanya mendapatkan surat tersebut berupa fotokopi dari kawan-kawan media. Pemkab atau BKD sendiri belum terima dari Kemenpan. Namun di surat tersebut ada cap dan tanda tangan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, EE Mangindaan. Dan itu kami anggap sudah jelas,” ungkap Kepala BKD Kubu Raya, M Nuh Saiman kepada wartawan usai upacara HUT ke-66 RI di Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (17/8)

Menurutnya, dalam surat tersebut pada intinya ada dua poin arahan pemerintah pusat melalui Kemenpan. Yang pertama adalah tidak menetapkan Nomor Induk Pegawai (NIP) CPNS dan mengembalikan usulan pemberkasan NIP bagi CPNS dari Kabupaten Kubu Raya hasil seleksi tahun 2010. Kemudian yang kedua adalah mengusulkan kembali pada tahun 2010 dan diakumulasi pada tahun 2011.

”Intinya kuota kita yang lolos 236 kemarin dapat diusulkan kembali pada penerimaan CPNS tahun berikutnya. Kita belum tahu, apakah jatahnya bertambah atau bagaimana. Itu tetap tergantung pemerintah pusat. Kita sangat berharap, kuota kita yang kemarin ditambah atau digandakan pada penerimaan CPNS tahun 2011/2012. Dan mudah-mudahan Kalbar-Kubu Raya tidak terkena moratorium,” tuturnya.

Ia mengaku, belum jelasnya aturan tersebut membuat BKD Kubu Raya akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat. ”Dalam waktu dekat kita akan mempertanyakan. Sebab bagaimanapun keluarnya surat tersebut asalnya dari pemerintah pusat,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Bupati Muda Mahendrawan, mengatakan Pemkab sudah berupaya memberikan usulan, masukan, ataupun pertimbangan ke pusat. “Kalau keputusan pemerintah pusat seperti itu, kita tidak bisa berbuat apa pun. Yang pasti, sebagai pemerintah kita sudah berupaya memperjuangkan nasib 236 CPNS tahun 2010 kemarin,” tegasnya.

Muda sendiri mengaku kecewa terhadap keputusan tersebut. Tetapi yang pasti bagi pemerintah adalah pelayanan publik tetap tidak boleh terhambat. Sebab kegagalan penerimaan CPNS tahun 2010 kemarin tidak boleh menghambat pelayanan publik. “Kita upayakan akan terus berjalan, walaupun jatah-jatah tenaga kesehatan atau guru hasil rekrutmen belum boleh berkarier di Kubu Raya,” katanya.

Untuk mengatasi kekurangan tenaga medis atau kesehatan, ia menekankan SKPD berupaya melakukan penambahan. Caranya dengan melakukan program penambahan seperti tenaga honorer atau perbantukan.

Ia menjelaskan kehendak Pemkab Kubu Raya bukanlah seperti ini. Namun kewenangan pemberian NIP berada di tangan pemerintah pusat atau Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara. ”Segala keputusan bukanlah berada di tangan kita. Di luar itu, segala sesuatunya biasa terjadi dan berjalan apa adanya. Namun yang paling esensi adalah pelayanan publik, medis kesehatan dan SKPD tetap maksimal. Kekurangan tenaga jangan dijadikan alasan. Kita akan selalu bisa atasi itu demi masyarakat Kubu Raya,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Nurhadi, 29, salah seorang di antara CPNS Kubu Raya yang dinyatakan lulus mengaku dirinya mengetahui satu hari sebelum berita tersebut beredar. “Memang akan keluar dan informasi tersebut saya dapat dari kawan yang memang selalu mencari informasi. Namun saya masih tidak percaya,” ungkapnya.

Menurut Nurhadi, mempelajari dari poin-poin yang terdapat dalam fotokopi surat keputusan Menpan yang dia dapatkan, dirinya berpendapat masih ada harapan dengan harapan agar ke depan ada jalan keluar yang baik penerimaan CPNS.

“Panitia penerimaan CPNS saatnya evaluasi hasil kinerja. Saya selaku orang yang dirugikan, menginginkan adanya solusi dari Pemerintah Kubu Raya,” tegasnya.

Advertisements

Entry filed under: Kubu Raya. Tags: , , , , , .

Kebakaran Di Ngabang Produksi Padi Meningkat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: