Cegah PNS Mangkir Selepas Idulfitri

September 5, 2011 at 13:55 Leave a comment

Pontianak – Pemprov Kalbar berupaya mencegah PNS yang mangkir setelah liburan Idulfitri tahun ini. Salah satu cara, menggelar apel inspeksi saat hari pertama masuk kantor.

“Pada hari pertama setelah libur Idulfitri, yakni tanggal 5 September 2011, akan digelar Apel inspeksi,” ungkap Drs Robertus Isdius MM, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), usai memimpin inspeksi mendadak (sidak) PNS hari terakhir kerja, Jumat (26/8).

Menurut Robertus, apel inspeksi yang diikuti setiap SKPD di lingkungan pemerintah provinsi itu dilakukan sesuai dengan Surat Gubernur Kalbar Nomor 860/ 1815/ BKD-D tanggal 24 Agustus 2011. “Seluruh Pimpinan SKPD diminta untuk menginstruksikan apel inspeksi tersebut kepada seluruh PNS di lingkungannya,” tegas Robertus.

Gubernur juga sudah menerbitkan Surat Edaran Gubernur Nomor 860/ 1793/ BKD-D tentang Penegakan Disiplin dan Kewajiban Mematuhi Jam Kerja bagi PNS di Lingkungan Pemprov Kalbar. Pada point 9 edaran tersebut disebutkan bahwa seluruh Kepala SKPD/Unit Kerja diminta untuk melaporkan secara berkala upaya penegakan disiplin dan kewajiban mematuhi jam kerja PNS di lingkungan masing-masing kepada Gubernur Kalimantan Barat.

Selain Robertus, sidak hari terakhir masuk kerja tersebut juga diikuti tim dari Inspektur Provinsi Kalbar dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Kalbar, Muhammad Ridwan. Sidak tersebut dimaksudkan untuk penegakan disiplin PNS sebagaimana yang diatur PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

“Memang inspeksi ini dilaksanakan sebagai bentuk penegakan disiplin PNS karena menjelang libur panjang,” tambah Robertus.

Sidak dilakukan di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Kalbar, Badan Penanaman Modal, Inspektorat Provinsi, Dinas Perindag, Sekretariat Korpri, Dispenda, dan Bappeda Provinsi Kalbar. Dalam sidak tersebut, tampak PNS masih bekerja seperti biasa. PNS yang tidak hadir umumnya karena ada tugas luar, cuti ataupun izin.

Menurut Robert, PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS mengatur secara detail tentang sanksi bagi PNS yang melanggar disiplin. Bahkan, jika tidak masuk selama 46 hari dalam setahun tanpa alasan yang jelas, maka PNS yang bersangkutan akan diberhentikan dengan tidak hormat.

“Kalau hari ini, karena waktunya ambil gaji, maka banyak juga PNS yang masih bekerja. Mudah-mudahan suasana seperti ini tetap terjaga setelah Lebaran mendatang,” pungkasnya.

Advertisements

Entry filed under: Pontianak. Tags: , , , , .

32 Rumah Terbakar di Gg. Haji Mukdshid Judi Di Desa Korek di Grebek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: