32 Rumah Terbakar di Gg. Haji Mukdshid

September 5, 2011 at 13:53 Leave a comment

Pontianak – Sebanyak 32 rumah hangus dilalap si jago merah, Jumat (12/8) menjelang sahur pukul 02.00 di Gang H Mukhsid Kelurahan Benua Melayu Laut Pontianak Selatan. Rata-rata barang milik warga tidak bisa diselamatkan karena api dengan cepat menjalar.

Warga sekitar lokasi kejadian berhamburan dan berusaha mencari bantuan pemadam kebakaran. Namun pemadam kebakaran mendapat kesulitan untuk sampai ke lokasi, sehingga puluhan rumah banyak yang tidak terselamatkan.

Kebanyakan rumah yang hangus dipicu bahan bangunan yang terbuat dari kayu, sehingga dengan cepat menghabiskan bangunan di dua RT itu. Puluhan warga terus berbondong-bondong untuk menyelamatkan diri dari rumah yang terbakar, bahkan ada juga yang menangis melihat rumahnya sudah habis dilalap si jago merah.

Hal itu juga sempat menjadi tontonan warga sehingga memadati lokasi kebakaran. Lokasi terus dipadati warga maupun pengendara untuk menyaksikan, bahkan ada juga yang mendokumentasikan melalui HP.

Dikatakan Iskandar, 32, salah satu korban, kebakaran terjadi ketika ia terbangun dan mendengar warga berteriak kebakaran. “Kebakaran berawal dari rumah tetangga saya, Aling. Saya berusaha membangunkan dan mengevakuasi keluarga yang masih tidur,” kata dia.

Iskandar melihat api yang awalnya masih kecil dari rumah milik Aling. “Setelah keluarga saya selamatkan, api itu dengan cepat menjalar ke tempat lain,” kata Iskandar yang kini bersama keluarganya menumpang dengan keluarga di sekitar lokasi yang luput dari kebakaran

Warga lainnya, Abdullah, 40, mengaku mendengar teriakan warga. “Api terus membesar, sementara pemadam kebakaran sangat lama datang ke lokasi,” katanya.

Di tempat terpisah, Ketua RT 1 Kelurahan Melayu Laut Nurhayati mengatakan, rumah yang terbakar sebanyak 32 rumah dari dua RT. “RT kami RT 1 sebanyak 24 rumah, sementara RT 2 delapan rumah. Kami sebagai warga sini haru berusaha untuk mencari bantuan yang akan disalurkan terhadap korban kebakaran,” ungkap Nurhayati.

Berbeda dengan pengakuan warga, Kapolsek Pontianak Selatan, AKP Sulasmini mengatakan, kebakaran berawal dari arus pendek dari rumah kosong milik Saipah, sehingga terus menjalar ke rumah warga lain. Namun pihaknya terus melakukan penyelidikan terhadap sumber yang sebenarnya.

”Hasil investigasi di lapangan, dugaan sementara api tersebut berasal dari arus pendek dari rumah kosong. Kami akan mencari sumber yang sebenarnya,” kata dia.

Advertisements

Entry filed under: Pontianak. Tags: , , , .

Wangkang Dibakar, Arwah Diantar Cegah PNS Mangkir Selepas Idulfitri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: