Rehabilitasi Hutan dan Lahan

September 4, 2011 at 16:01 Leave a comment

PUTUSSIBAU –45 kelompok tani Kebun Bibit Rakyat (KRB) siap mendukung program rehabilitasi hutan dan lahan di Kabupaten Kapuas Hulu. Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Kapuas Hulu, Drs H Hasan, M.Si, di sela-sela sosialisasi KBR, Kamis (18/8) kemarin di aula hotel merpai Putussibau.“Kita optmis program rehabilitasi hutan dan lahan di Kapuas Hulu bisa berjalan dengan baik. Mengingat program KRB ini adalah program pemerintah dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahan dengan melakukan pemberdayaan masyarakat di lokasi kegiatan. Ini berarti, masyarakat turut disertakan langsung sebagai pelaksanan program,” ungkap Hasan.


Terlebih dikatakan Hasan, lokasi yang dipilih dalam pelaksanaan kegiatn ini merupakan calon lokasi yang sesuai dengan data dan informasi. Terutama terkait dengan keberadaan luasan lahan kritis dan tidak produktif. Sebab itu, pihaknya telah menekankan komitmen dari masyrakat kelompok tani penerima program dalam pelaksanaan kegiatan ini.“kalau tidak berkomitmen atau ada keraguan, kami telah meminta kelompo tani untuk sampaikan langsung ke dinas. Kita bisa langsung lakukan pemetaan kembali.
Karena berdasarkan informasi lahan kritis di Kapuas Hulu dan usulan permohonan keigatan masih cukup banyak. Bisa kita tempatkan di tempat lain jik keraguan itu ada di kelompok penerima program,” papar Hasan.Hasan juga mengatakan sudah mengingatkan para kelompok tani ketika menemui masalah. Pada tahap pertama masalah itu dikoordinasikan di tingkat kelompok kemudian dilaporkan kepaada kepala desa sebagai Pembina ditingkat desa. Kemudian apabila terdapat hal-hal yang tidak dapat diselesaikan oleh kelompok dan desa maka melaporkan ke pihaknya.
“Kita bersama akan mencari solusi atas persoalan yang mengemuka,” ujar Hasan.
Sementara itu, kepala bidang rehabilitasi dan perhutanan social Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kapuas Hulu, Johadi, s.sos mengatakan program tersebut merupakan program pemerintah pusat melalui pemerintah provinsi. Pihaknya dalam program ini hanya melakukan tugas perbantuan.“Kita melaksanakan tugas perbantuan. Seperti melakuknan sosialisasi, penseleksian proposal dan pengawasan,” ujar Johadi.Ke 45 kelompok tani penerimta KRB itu dikatakan Johadi telah melalui seleksi. Sedangkan proposal yang masuk lebih dari itu. ke 45 kelompok tani itu telah lolos dan masuk dalam criteria penerima program. Dimana program tersebt diprioritaskan di kawasan kritis yang perlu di rehabilitasi.“Contoh di Nanga Silat ada kelompok yang tidak bisa kita rekomendasikan. Karena lokasi yang mereka ajukan masuk ke kawasan area peruntukkan lain untuk perkebunan sawit. Seleksi kita lakukan hingga pemeriksaan koordinat lahan yang disiapkan kelompk tani. Jangan sampai tumpang tindih nantinya,” jelas Johadi.
Dikatakan Johadi, setiap kelompok akan mendapatkan dana masing-masing 50 juta per kelompok. Dana itu akan di transfer langsung ke rekening kelompok dari pengelola di tingkat provinsi. Dana itu digunakan sesuai dengan rencana umum kegitan kelompok (RUKK) pada saat pengajuan proposal. Seperti untuk pembuatan lokasi pembibitan, pembelian sarana dan prasana hingga upah kerja. Kelompok juga diberikan keleluasaan mengelola dana itu sesuai dengan bibit yang hendak di kembangbiakkan. Meski demikian, dari 50.000 bibit, 30.000 nya harus merupakan jenis kayu-kayuan.

“Misalnya dua puluh ribu karet, maka sisanya untuk kayu-kayuan. Karena program ini peruntukkannya untuk rehabilitasi lahan,” tambahnya.Dikatakan Johadi, Kapuas Hulu tahun ini merupakan kedua lainya menerim program KRB. Di tahun 2010, sebanyak 41 kelompok mendapatkan program. Dari kelompok itu, sudah ada yang masuk tahap tanam. Ada juga yang masih menunggu dana untuk tahap penanaman. Tahun ini, Kapuas Hulu mendaptkan alokasi lebih banyak disbanding kabupaten lainnya. Salah satu factor karena lahan ritis di Kapuas Hulu masih relative luas.

Advertisements

Entry filed under: Putusibau. Tags: , , , , , .

Meningkat, Kinerja Keuangan 2011 Pengawasan Investasi Kelapa Sawit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: