Puting Beliung Hancurkan Belasan Rumah

September 4, 2011 at 16:54 Leave a comment

SEJANGKUNG – Bencana alam tidak mengenal waktu dan tempat kejadian. Selasa (24/8) malam, angin puting beliung menghantam belasan rumah di Dusun Senabah, Desa Semangak, Kecamatan Sejangkung.Lokasi bencana dari ibukota kecamatan memakan waktu sekitar dua jam perjalanan menggunakan speedboat kecepatan tinggi. Desa yang dilanda angin ribut berada di pinggiran sungai.Hambali, warga setempat mengatakan Selasa pagi hingga saat salat terawih selesai dilaksanakan umat muslim tidak ada perubahan cuaca yang ekstrim. Ia menyebutkan karena cuaca cerah bahkan pada siang hari cukup panas.

“Masyarakat sama sekali tidak menduga akan terjadi puting beliung. Karena hampir semua warga melaksanakan aktivitas seperti biasa,” katanya kemarin.Ia menyebutkan bahkan sejumlah warga masih banyak yang terjaga saat puting beliung menyerang. Angin kencang itu, ungkap dia, secara tiba-tiba tanpa diketahui dari mana datangnya langsung menerobos pemukiman warga.“Hampir saja seorang ibu dan anak nyaris tertimpa rumah yang roboh. Angin kencang itu diikuti hujan deras beberapa menit, setelah reda baru warga melihat kondisi keseluruhan,” papar Hambali.

Warga Senabah lainnya, Aci menyebutkan atas kejadian itu warga yang rumahnya roboh mengungsi di tempat saudara dan tetangga. Dikatakannya, sebagian mereka trauma dengan kejadian itu.“Harapan masyarakat yang rumahnya terkena dampak bencana ada perhatian dari pemerintah untuk memperbaikinya. Sebab bencana itu juga telah menghilangkan angkutan sungai apakah tenggelam atau hanyut terseret arus,” tuturnya.Kepala Dinsosnakertrans Sambas Arsyad mengatakan belum mengetahui ada musibah yang menimpa masyarakat. Ia menjelaskan laporan dari kecamatan atau instansi teknis lain belum diterima untuk dikoordinasikan. “Saya belum dapat informasi, sehingga belum tahu mau mengambil tindakan apa,” ujarnya.Aspian Paudi, Kabag Kesra Setda Sambas menyatakan hal sama dengan Arsyad. Dikatakannya, kalau pun ada bencana pemerintah daerah akan memberikan bantuan sosial sekedarnya untuk mengurangi penderitaan masyarakat.“Pihak kecamatan atau Satpol PP maupun posko penanggulangan bencana tidak ada informasi ini. Saya berterima kasih dengan anda atas informasi ini,” kata Aspian.

Advertisements

Entry filed under: Sejangkung. Tags: , , , , .

Rawat Tempat Sampah Perusahaan Abaikan SDM Lokal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: