Potensi Alam Kurang Pemanfaatan

September 4, 2011 at 17:03 Leave a comment

SEKADAU – Industri Hulu di Kabupaten Sekadau yang bisa dikembangkan melalui berbagai sumberdaya alam yang ada di Bumi Lawangkuari pada dasarnya jika diperhatikan sangat banyak. Namun sampai saat ini karunia sang pencipta dari alam ini seperinya hanya menjadi barang dan benda biasa dimata masyarakat.
Anggota Komisi B DPRD Sekadau Anissa Ulfa mengatakan cukup banyak hasil alam baik di hutan maupun di sekitar lingkungan masyarakat yang bisa diolah menjadi sebuah barang bernilai tinggi untuk dipasarkan.


“Sekadau masih banyak hutan, masih ada rotan dan bahan baku lainya yang siap untuk diolah menjadi barang bernilai dan bisa dipasarkan dengan harga jual yang cukup mahal. Tapi sayangnya sepertinya masyarakat kita belum tanggap untuk mengembangkan kreatifitas hingga bisa menjadi industi hulu,”papar Ulfa.Dengan adanya kreatifitas masyarakat untuk mengolah bahan mentah alam menjadi sesuatu yang bernilai tinggi maka pembangunan tarap perekonomian masyarakat juga dikatakan wanita berdarah Betawi ini akan meningkat hingga pertumbuhan ekonomi secara global di Kabupaten Sekadau juga meningkat. “Jika ada pemanfaatan hasil alam, pendapatan masyarakat otomatis juga meningkat,”tukasnya.

Dibeberapa kecamatan misalnya ada barang dan kerajinan tangan masyarakat Sekadau yang sudah pernah mengharumkan nama Sekadau sampai pada tingkat nasional. Sebut saja Tenun Ilong (Belitang Hulu) yang beberapa waktu lalu pernah mengikuti pameran sampai ke Jepang. Belum lagi hampir setiap kecamatan memiliki sumberdaya alam yang berbeda yang hanya tinggal menunggu kretivitas semberdaya manusia setempat untuk memanfaatkanya menjadi barang industri untuk menghasilan uang dan bisa menjadi ciri khas Kabupaten Sekadau.Dicontohkanya, orang jauh-jauh dagang keliling ke daerah-daerah, yang  dijual hanya gantugan kunci dari kayu, hiasan patung dan macam-macam barang buatan tangan berbahan baku juga terdapat di Sekadau.“Parah lagi kita di sini banyak petani karet hasilnya kita jual ke ibukota provinsi di bawa ke Jepang atau ke tempat produksi bahan jadi lalu dijual dengan kita lagi jadi ban kendaraan dan bahan lainya dengan harga yang mahal,”pungkasnya.

Advertisements

Entry filed under: Sekadau. Tags: , , , .

Jalan Sekadau Gunakan Batu Sosok Berikan Aman Buat Investor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: