Perusahaan Abaikan SDM Lokal

September 4, 2011 at 16:56 Leave a comment

SEKADAU – Kehadiran sejumlah perusahaan di Sekadau merupakan mitra pemerintah daerah dalam membangun serta meningkatkan tarap hidup masyarakat. Namun terkadang hal tersebut banyak diabaikan. Pemanfaatan tenaga kerja lokal seperti yang di harapkan semua pihak sejauh ini belum terealisasi dengan baik.
“Padahal sewaktu perusahaan datang dan sosialisasi, mereka selalu berjanji akan menggunakan tenaga kerja setempat sesuai dengan skill masing-masing,” kata Rupinus, wakil Bupati (Wabup) Sekadau ketika melepaskan siswa SMK Negeri Sekadau pada PT Aperna Agro Mas (APM), belum lama ini.

Saat itu, Wabup menyesalkan ketidakhadiran perusahaan dalam undangan yang begitu penting. Padahal tenaga kerja yang ada di Sekadau semua berbakat, sesuai dengan pendidikan. Misalnya di Sekadau sudah lama berdiri sekolah pembangunan pertanian (SPP) dan sekarang ditambah lagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). “Pastinya siswa-siswa tamatan sekolah tersebut sudah siap diterjunkan ke lapangan, sesuai dengan bidangnya masing-masing,” ungkap Wabup.
Perusahaan hendaknya dapat menampung siswa-siswi jika selesai sekolah yang orangtuanya tidak mampu melanjutkan anaknya ke penguruan tinggi. Hal ini dimaksudkan agar angka pengangguran tidak lagi membengkak setiap tahun. Inilah salah satu keinginan pemerintah daerah kepada perusahaan dalam hal penyerapan tenaga kerja.

“Jika melihat jumlah sekolah kejuruan, perusahaan tidak perlu lagi mengimpor tenaga kerja dari luar, karena anak Sekadau cukup banyak yang selesai sekolah tapi masih belum bekerja,” kata Rupinus. Ia berharap, agar perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan di Sekadau melihat celah ini, karena memang visi perusahaan yang berinvestasi di Sekadau bertujuan meningkatkan taraf hidup serta mengurangi angka pengangguran.“Jika hal ini tidak diperhatikan oleh perusahaan, maka perusahaan tersebut kurang membantu pemerintah daerah, dalam hal memerangi pengangguran,” pintanya. Selain itu, bagi anak-anak yang sudah selesai sekolah dan kemudian terjun di tengah-tengah masyarakat, hendaknya kembangkan ilmu yang didapat dari sekolah dengan membuka usaha sendiri.“Tidak harus monoton menjadi pegawai negeri saja, karena penerima pegawai setiap tahunya sangat terbatas,” tutur Wabup.

Advertisements

Entry filed under: Sekadau. Tags: , , , , , , .

Puting Beliung Hancurkan Belasan Rumah Jalan Sekadau Gunakan Batu Sosok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: