Pengolahan Kompos

September 4, 2011 at 16:44 Leave a comment

NGABANG – Meskipun belum difungsikan, bangunan tempat pengolahan sampah menjadi kompos di lokasi pasar rakyat Ngabang membuat resah sebagian Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di sekitar bangunan milik Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Landak itu. “Kami tetap mewanti-wanti kepada Pemkab Landak untuk meninjau ulang lagi bangunan tempat pengolahan kompos tersebut sebelum difungsikan. Apalagi para PKL yang berjualan di sekitar bangunan tersebut ada yang berjualan makanan dan minuman. Kalau bangunan itu tetap difungsikan, bisa saja pelanggan kami akan lari karena tidak tahan mencium bau sampah,” ujar salah satu PKL, Andi.


Ia menyarankan jika bangunan tersebut dipindahkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ada di Kecamatan Jelimpo. Sebab lokasi tersebut memang jauh dari keramaian. “Kami tetap menyarankan demikian. Apa gunanya kami dipindahkan di tempat tersebut untuk berjualan, tapi di sekitar tempat kami jualan ada bangunan tempat pengolahan sampah menjadi kompos. Jelas hal ini sangat merugikan kami,” katanya.Kepala Kantor Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Landak, Fransiskus Asius sependapat dengan para PKL supaya bangunan tempat pengolahan kompos tersebut jangan disekitar lokasi pasar rakyat.

“Kita sih maunya bangunan tersebut jangan disekitar lokasi pasar rakyat. Apalagi saya lihat pihak Dinas PU dan Perumahan Landak tidak melakukan konsultasi sebelum membangun bangunan tersebut,” ungkapnya.Dikatakan Asius, jika Dinas PU dan Perumahan Landak ada melakukan konsultasi, solusi terbaik bangunan tersebut dibangun disekitar TPA yang ada di Kecamatan Jelimpo saja. “Jadi tidak perlu dibangun disekitar lokasi pasar rakyat. Yang namanya sampah sekecil apapun pasti akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Apalagi saya lihat pihak Dinas PU dan Perumahan Landak tidak melakukan konsultasi sebelum membangun bangunan tersebut,” katanya.

Advertisements

Entry filed under: Landak, Ngabang. Tags: , , , , , .

Seni Pahat dan Ukir Perlu Perhatian Maksimalkan Layanan ATM Bank KalBar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: