Nelayan Desak Bangun SPBN

September 4, 2011 at 14:36 Leave a comment

MEMPAWAH-Dinas Kelautan dan Perikanan (DPK) Kabupaten Mempawah didesak, untuk mempercepat proses pembanguann Stasiun Bahan Bakar Nelayaan (SPBN) di komplek Pelabuhan Perikanan Kuala Mempawah.Pembangunan itu merupakan solusi tepat mengatasi kesulitan nelayan untuk dapatkan  solar selama ini. Pemerintah daerah dituntut mempercepat realisasi pembangunan itu.Demikian dikatakan Safrudin Aksa SE, Ketua Komisi B DPRD Mempawah, yang mempertanyakan kepastian pembangunan SPBN itu.

“Kita  nilai pembengunannya patut percepat realisasikan pembangunannya. Kasihan  nelayan daerah ini sudah lama  mengeluhkan kesulitan dapatkan solar. Fakta membuktikan,  banyak solar mustinya menjadi hak nelayan diselewengkan oknum yang tidak bertanggungjawab karena upaya mencari keuntungan pribadi mauppunkelompok,” nilai Safrudin.tak heran memang, jika legislator Partai Golkar itu memebrikan  saran dan desakan kepada  Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) untuk mempercepat proses pembangunannya. Terutama mempersiapkan prosedur dan mekanisme termasuk proses perizinan yang musti dipersiapkan. Bukanya hanya tinggal diam dan berpangku tangan melihat kondisi dilapangan.

“Dinas jangan tunda lagi proses pembangunan SPBN.  Jika bisa cepat mengapa mesti diperlambat. Distribusi solar  sangat mendukung kelangsung aktifitas  nelayan melaut,” nilai dia.Menyangkut  tempat maupun lokasi pembanguna SPBN, Ketua Komisi B Safruddin menyarankan pemda  mencari dearah yang tepat dan strategis. Yang paling penting, SPBN yang dibangun nanti dapat memudahkan akses masyarakat nelayan untuk mendapatkan distribusi solar sehari-hari. “Paling cocok  dan strategis itu di lokasi pelabuhan  perikanan Kuala,” pinta dia.Sebab, areal pelabuhan di PPI Kuala Mempawah,  dapat dibangun SPBN terapung. Sehingga  nelayan dapat langsung membawa perahu atau motor airnya untuk mengisi solar tanpa menggunakan jerigen atau drum. Dilain pihak, bisa mencegah adanya spekulan oknum untuk mencari keuntungan. pertugas juga bisa melihatlangsung, yang mebeli nelayan atau bukan.

Diharapkan DKP lebih teliti dan selektif dalam menunjuk pengurus atau struktur pihak yang nantinya dipercaya mengelola SPBN. Jangan sampai kejadian dibeberapa SPBN lain terulang kembali. Yakni, pendistribusian solar tidak tepat sasaran dan diselewengkan oknum tidak untuk mencarikeuntungan mengorbankan kepentingan nelayan.“Semua pihak diminta ikut melakukan ppenagwasan dan  meningkatkan kontrol atas pendistribusian solar bagi nelayan. jangan sampai pengelola yang dipercaya beralasan kuota solar tidak cukupi. Kenyataanya, solar yang didistribusikan Pertamina diselewengkan dan dijual kepada pihak lain denganahrga yang tinggi,” pinta Safrudin. Jika ditemukan ada pihak-pihak yang sengaja menyelewengkan solar nelayan untuk kepentingan pribadinya. Segera laporkan kepada pihak berwajib. Karena perbuatan itu melanggar ketentuan dan peraturan hukum terutama UU perlindungan konsumen.

Advertisements

Entry filed under: Mempawah. Tags: , , , , .

Mencari SInyal Telpon Gadis ini Digilir Sebelum Dibunuh PT Dumai Inti Utama Serobot Lahan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: