Puncak Cap Go Me. Tatung, Naga dan Barongsai Siap Beraksi

February 17, 2011 at 18:16 Leave a comment

PONTIANAK- Hari ini (17/1) adalah puncak dari perayaan Cap Go Meh 2562. Di Singkawang atraksi tatung menjadi pusat perhatian ribuan orang. Baik warga lokal maupun wisatawan. Persiapannya telah matang. Bahkan beberapa tatung sudah ada melakukan ritual bersih jalan (Selengkapnya baca halaman 17). Sementara itu dua tempat yang tak kalah ramai adalah di Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya. Keramaian bakal terjadi di beberapa lokasi. Ribuan manusia akan tumpah ruah menyaksikan pagelaran di hari ke lima belas bulan satu penanggalan Imlek ini.

Di Kota Pontianak Yayasan Bhakti Suci (YBS) mengadakan pawai besar-besaran yang menempuh rute Jalan Gajah Mada, Diponegoro, dan Hijas. Nantinya akan ditampilkan berbagai macam pertunjukan, tidak hanya dari etnis Tionghoa saja, berbagai kesenian etnis Dayak, Melayu dan beberapa suku nusantara lainnya. Akan ada duapuluhan grup yang mengisi pawai dari siang hingga petang.Ketua Panitia Cap Go Meh YBS Simon Budianto mengharapkan dengan acara ini minat investor di Pontianak akan meningkat. “Ini acara kebersamaan untuk semua warga. Pawai juga menampilkan kesenian dan kebudayaan dari etnis lain. Semoga menjadi daya tarik wisata dan menarik investor,” harapnya.

Acara yang bertajuk “Puncak Acara Perayaan Cap Go Meh Bersama 2011” ini akan menghadirkan sembilan naga dan barongsai yang siap memukau Kota Pontianak. Sebagian jalan akan ditutup dari siang sampai sore hari. Malamnya pesta kembang api dimulai di sekitaran Gajah Mada.Acara besar lainnya digelar di Kubu Raya, tepatnya di Jalan Tol Kapuas Dua Arteri Supadio yang merupakan pusat Festival Cap Go Meh Majelis Adat Budaya Tionghoa Kalbar. Rencananya lebih dari lima puluh tatung akan beraksi di sana. Selain itu festival juga akan diramaikan oleh lima naga dan delapan barongsai.

Ada pula pergelaran tari nusantara, pawai patung kelinci raksasa, lampion raksasa dua belas shio, drum band, tanjidor. Tokoh mitologi Tiongkok macam Sun Go Kong, Cu Pat Kai, Biksu Thong, Dewi Kwan Im, Hakim Bao, dan Da Bo Gong pun hadir untuk menyemarakan suasana. Sementara puluhan stand kuliner dan pedagang kaki lima siap menunggu pembeli.Atraksi-atraksi tersebut itu baru pukul 14.00 mulai menunjukan aksinya. Pasalnya, pagi hari sampai siang panitia melakukan gladi resik. Berbeda dengan festival beberapa tahun belakangan, sekarang tatung dan yang lainnya tidak akan diarak keliling kota. Mereka hanya akan menunjukan aksinya di jalan tempat dilangsungkannya festival. Untuk itu jalan area festival akan ditutup sejak jam sepuluh pagi hingga menjelang malam.

“Persiapan kami sudah fix, besok siang (hari ini) semua (acara) tinggal di jalankan. Tapi pagi jalan ini (Tol Kapuas Dua Arteri Supadio) akan disterilkan. Jam sepuluh jalan dua arah sudah ditutup,” ujar Rinaldy, Wakil Ketua Panitia.Meskipun terdapat keramaian di dua lokasi yang berbeda, Kepala Bagian Operasional Komisaris Polresta Pontianak Teguh P. Nugroho yakin proses Cap Go Meh akan berlangsung aman. “Melihat selama seminggu ini situasinya terkendali. Pengamanan difokuskan di jalan yang dilewati naga. Satu naga akan dijaga lima belas polisi, dan dipimpin satu perwira. Total akan ada seribu personil untuk pengamanan,” ungkapnya.

Selain itu, Teguh juga menghimbau kepada masyarakat yang ingin menonton acara. “Kegiatan ini (CGM) yang jelas harus kita sukseskan. Kami minta kepada masyarakat untuk dengan tertib menonton, parkir kendaraan yang rapi, dan jangan lupa dikunci ganda. Jangan memakai perhiasan yang bisa memancing tindak kriminal,” sambungnya.Selain oleh pihak kepolisian, pengamanan Cap Go Meh di Kubu Raya juga dibantu oleh Forum Kubu Raya Bersatu (FKRB) yang menurunkan sekitar 250 anggotanya. “Kami akan berusaha semaksimal mungkin membantu pengamanan festival. Terutama untuk parker dan pengaturan lalu lintas,” kata Usman A Rasyid Ketua FKRB.

Advertisements

Entry filed under: Lainnya. Tags: , , , .

Jenggot Naga di Buru Warga Membunuh Terpancing Omongan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: