Pawai Lampion: Ribuan Warga Sambut Antusias, Jalang Singkawang Penuh Warna

February 17, 2011 at 18:20 Leave a comment

SINGKAWANG—Ribuan warga antusias menyaksikan pawai lampion Selasa (15/2) malam. Warga padat merayap di jalan utama Kota Singkawang, sehingga membuat jalanan macet. Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Imlek dan Cap Go Meh 2011. Menurut salah satu warga, Gunawan, Jalan Kalimantan, perayaan kali ini sangat meriah. Tak heran warga rela bersesakan di jalan. “Ini sebuah atraksi menarik tiap tahun, jadi sayang kalau tak menonton,” ungkapnya kepada Pontianak Post ditemui di Jalan Diponegoro.

Bahkan ia mengajak anak dan istrinya untuk menonton. Selain itu melalui kamera HP ia mengabadikan momen pawai lampion terutama mobil hias yang dianggap menarik dan unik. Ia berharap ditahun mendatang lebih banyak lagi mobil hias, sehingga semua warga dapat menikmatinya. Sebelumnya seluruh peserta pawai dikumpulkan di Jalan Firdaus kantor Walikota Singkawang. Satu per satu mobil hias didatangi warga yang telah lama menunggu, untuk mengambil foto, atau sekedar melihat-lihat. Sekitar pukul 19.30, peserta dilepas Walikota Hasan Karman. Orang nomor satu Singkawang ini pun ikut sebagai peserta dengan mengendarai mobil panjang bersama istri, Ketua DPRD Singkawang Tjhai Chui Mie serta Bong Cin Nen Seketaris Panitia CGM. Disusul sebuah mobil hias berbentuk kapal motor berkepala naga, dimana duduk ketua panitia CGM 2011, Lio Kurniawan bersama istri dengan pakaian khas kaisar dan permaisuri raja Tiongkok. Mereka pun tersenyum dan melambaikan tangan ke masyarakat yang menonton pawai lampion. Baru dibelakangnya sekitar 500 siswa rombongan sepeda lampion yang diikuti seluruh siswa SMP Bruder Singkawang.

Atraksi memukau pun dilakukan peserta, baik dengan menampilkan suguhan replika patung kelinci dan shio dalam pertanggalan cina, miniatur klenteng, serta bidari amoy cantik berpakain khas etnis Melayu, Tionghoa dan Dayak. Selain replika kelinci berbagai ukuran dan bentuk, ada juga patung Dewi Kwan Im menjulang tinggi, bahkan tak banyak peserta pawai berpenampilan seperti Dewi kasih sayang tersebut. Semua menarik, sehingga setiap mobil hias yang melewati rute direkam di foto warga melalui kamera HP.

Ada juga miniatur kelinci raksasa sambil memainkan alat musik dawai khas tionghoa. Serta atraksi tarian naga. Selain memukau, ada juga peserta lampion yang mendapat tepuk tangan meriah serta sorakan, takkala mobil membawa sejumlah pria bertubuh kekar, yang merupakan peserta kontestan Binaraga. Dengan atraksi gerakan otot dada, mereka membuat kaum hawa histeris. “Ada juga ya pria berotot ikutan,” ungkap Silvia, siswi SMP swasta di Singkawang. Menurutnya, apa yang disuguhkan peserta pawai sangat menghibur. Diharapkan kedepannya lebih banyak lagi peserta yang berpartisipasi.

Selain itu, ada sejumlah tatung sudah ikut pamer di pawai tersebut, seperti peserta dari Kulor Singkawang, dengan menggunakan truk sejumlah awak mobil mempertontonkan atraksi ular melingkar di tubuh. Sontak saja ini membuat warga terpukau bahkan tak sedikit dari mereka heran. Pawai lampion kali ini, tidak saja menampilkan peserta lokal Singkawang, peserta yang berpatisipasi juga datang dari luar kota, Seperti Kecamatan Pemangkat, Kota Sambas dan daerah lainya. Serta instansi pemerintahan baik dilingkup Pemkot Singkawang maupun lembaga vertikal, dan perbankan, pengusaha hotel. Walikota Hasan Karman, menegaskan pawai lampion ini selain melestarikan budaya, tapi juga hiburan bagi masyarakat Kota Singkawang. Makanya diharapkan kedepannya seiring kualitas acara yang semakin baik maka akan lebih banyak lagi warga luar kota yang ke Singkawang. “Mereka sangat antusias ini berari kegiatan memeriahkan pawai lampion ini disambut positif masyarakat, bahkan ajang ini merupakan promisi wisata menarik,” pungkasnya.

Advertisements

Entry filed under: Lainnya. Tags: , , , .

Membunuh Terpancing Omongan Perang Meriam Tidak Sedasyat Dulu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: