Jenggot Naga di Buru Warga

February 17, 2011 at 18:14 Leave a comment

Pontianak. Tradisi naga buka mata yang dikomandoi Yayasan Bhakti Suci (YBS) di Jalan Diponegoro, Selasa sore (15/2) berlangsung meriah. Warga antusias berebut jenggot naga yang dipercaya warga Tionghoa bisa membawa rezeki.

“Siapa yang dapat jenggot itu akan mudah rezekinya,” kata Andika, salah seorang anggota pemain naga dari kelompok Pemadam Kebakaran Panca Bhakti kepada sejumlah wartawan usai tradisi buka mata, Selasa (15/2).

Ribuan warga yang sudah menyemut di Jalan Diponegoro saling berdesakan ingin mengambil jenggot naga yang terbuat dari benang sulam di kepala naga. Aparat keamanan yang terdiri dari unsur TNI, Pol PP, Polisi dan organisasi Pemuda Pancasila pun dibuat sibuk mengendalikan antusias warga tersebut.

Tradisi naga buka mata diikuti enam naga. Masing-masing dari Badan Pemadam Api Siantan (BPAS) Siantan, Yayasan Pemadam Kebakaran (YPK) Panca Bhakti, Pemadam Kebakaran Budi Pekerti, Pemadam Kebakaran Khatulistiwa, Pemadam Kebakaran Merdeka, dan Pemadam Kebakaran Gang Siaga. “Selain nambah rezeki, jenggot naga juga memberikan keselamatan,” tutur Andika.

Naga yang ikut dalam tradisi buka mata tersebut datang secara bergantian ke Kelenteng Kwan Ti Bio. Dua loya yang sudah ada dalam kelenteng itu, masing-masing Suhu Ahew dan Suhu Yanse kemudian melakukan ritual buka mata. “Tradisi buka mata ini berarti memasukkan roh ke dalam naga,” tukas Andika.

Usai naga buka mata, masing-masing naga lalu melakukan atraksi di depan kelenteng. Naga-naga itu kemudian bergantian menuju pos panitia atraksi naga yang ada di depan kelenteng.

Di pos itu naga-naga disambut Ketua Umum YBS The Iu Sia, Wakil Walikota Pontianak Paryadi, Komandan Kodim 1207/Pontianak Letkol Infantri Djarat Brima Yoga, Kapolresta Pontianak Kombes Pol Mucharom Riyadi dan Waka Polresta AKBP Agus Mandarwanto. Mereka memberikan berkat kepada naga yang ikut dalam acara buka mata itu.

Abi Hasni Tahir, Koordinator Permainan Naga Perayaan Imlek dan Cap Go Meh YBS mengatakan, panitia perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2562 tahun ini sengaja membatasi jumlah naga. Hal itu dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. “Tahun lalu ada delapan naga. Kalau tahun ini kita batasi hanya enam naga yang ambil bagian,” kata Abi.

Ketua Panitia Perayaan Imlek dan Cap Go Meh YBS, Simon Budianto mengatakan, enam naga yang mengikuti tradisi buka mata kemarin akan berkunjung ke instansi pemerintah, hari ini. “Besok tiga naga akan ke kantor gubernur, kantor DPRD provinsi, Mapolda, dan Makodim. Sementara tiga naga lainnya akan berkunjung ke kantor Wali Kota Pontianak, Makodam, kantor DPRD Kota Pontianak, dan Polresta Pontianak,” ucapnya.

Simon menambahkan, kunjungan tersebut akan dimulai pukul 08.00 hingga pukul 11.00. “Setelah itu naga akan mengunjungi donator masing-masing. Tiap naga akan dikawal 15 orang petugas polisi,” pungkasnya.

Advertisements

Entry filed under: Lainnya. Tags: , , .

Sewa Gedung KonsulatMalaysia Distop Puncak Cap Go Me. Tatung, Naga dan Barongsai Siap Beraksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: