Wah!! Ada Kapal Tabrakan, Lintasan Muara Jungkat Jadi Terhambat

February 13, 2011 at 16:07 Leave a comment

kapal, tabrakan, kecelakaan, pontianak, jungkat

Kapal Karam

Pontianak. Kapal Layar Motor (KLM) Rahmatia Sentosa tenggelam di alur pelayaran Muara Jungkat Sungai Kapuas, Kamis (10/2) sekitar pukul 23.00. Tenggelamnya kapal yang bermuatan semen ini akibat human error. Bersenggolan dengan KM Wewa yang hendak menuju Pelabuhan Sunda Kelapa.

Kejadian nahas ini tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, alur pelayaran keluar masuk ke Pelabuhan Pontianak terhambat karena kapal tenggelam ini dalam posisi melintang. Sementara anak buah kapal (ABK) KLM Rahmatia Sentosa yang berjumlah 10 orang dalam keadaan selamat. Sedangkan KM Wewa sudah melanjutkan perjalanannya menuju Pelabuhan Sunda Kelapa.

“Arus kapal keluar masuk menuju pelabuhan Pontianak agak terhambat, sampai operasi pembebasan alur selesai. Paling cepat kita mengevakuasi kapal yang tenggelam ini sekitar 2 hingga 3 hari,” ungkap Kasie Penjagaan dan Penyelamatan (Gamat) Adpel Pontianak, Moch Adi Ismail kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (11/2).

Menurut dia, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pelindo Pontianak serta mengerahkan kemampuan yang ada. Makanya, saat ini sedang dicoba membongkar muatan kapal agar pelaksanaan evakuasi secepatnya selesai.

“Kita mencoba mengangkat semen dari dalam kapal agar memudahkan kita menggeser guna membebaskan alur pelayaran,” paparnya.

Namun, lanjut Adi Ismail, untuk kapal-kapal yang berukuran kecil masih bisa melewati alur perairan tersebut. Tetapi jika sudah melebihi tiga meter kedalaman air, otomatis tidak dapat melewatinya. “Kapal ukuran kecil masih bisa melalui alur perairan. Tetapi kalau 6 meter, tentu saja tidak bisa,” tegasnya.

Sementara itu, Teguh, salah seorang karyawan PT Dharma Lautan Utara, mengaku dirinya masih berkoordinasi dengan pihak Administrasi Pelabuhan (Adpel) Pontianak. Pada pukul 19.00 WIB (Jumat, red) ada kapal yang akan masuk menuju Pelabuhan Pontianak.

“Kapal kami, KM Kirana dari Semarang yang berpenumpang 500 orang terpaksa berlabuh di Muara Jungkat karena tidak dapat melewati alur perairan akibat KLM Rahmatia Sentosa tenggelam,” ungkapnya.

Otomatis, kapal itu melakukan embarkasi penumpang yang rencananya menggunakan kapal kecil untuk bisa mengangkut penumpang menuju Pelabuhan Pontianak.

Pihaknya khawatir mengingat persediaan air di kapal penumpang tersebut sangatlah terbatas. Sehingga Ia berharap pihak Adpel dapat mengambil tindakan secepatnya.

Advertisements

Entry filed under: News.

Sidak Pabrik Sawit Belasan Rumah Tertimbun Bangunan Runtuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: