Belasan Rumah Tertimbun Bangunan Runtuh

February 13, 2011 at 16:27 Leave a comment

pontianak, berita, rumah tertimbung, bangunan runtuh

Bangunan Tertimbun

Meski lokasi sudah diberi garis polisi, para pemulung tetap saja membandel. Mencari barang bekas tetapi petaka yang didapat. Masih ada yang tertimbun.

Pontianak. Belasan pemulung pencari barang bekas sisa kebakaran di Jalan Batang Hari Kompleks Pasar Tengah tertimpa reruntuhan bangunan yang ambruk, Rabu (9/2) sekitar pukul 12.00. Korban baru diketahui empat orang. Jumlah ini kemungkinan bertambah karena diperkirakan masih ada yang tertimbun.

Peristiwa tersebut terjadi ketika warga sedang mencari barang-barang bekas di lokasi kebakaran. Tiba-tiba lantai dua bangunan yang sudah terbakar itu ambruk, diikuti dinding runtuh. Para pemulung yang berada di bawahnya terperangkap.

“Lantai dua roboh karena kayu penyangga yang tersisa dikorek-korek pemulung,” kata M Yusuf, 30, pedagang ayam potong. Para pemulung ketika peristiwa terjadi tepat berada di bawah bangunan. Warga dengan cepat menyelamatkan korban yang terperangkap reruntuhan.

Dari data sementara kepolisian, setidaknya ada empat orang yang mengalami luka-luka yaitu Buang, 16, Tono, 14, Leni 13, dan Aa, 4. Buang mengalami luka kepala dan bahu. Tono mengalami luka leher, bahu dan kaki. Leni luka di bagian dada dan Aa luka di bahu.

Salah seorang pemulung, Aji, 18, menuturkan dirinya tidak terlalu jauh dari teman-temannya mencari barang bekas. Setelah mengetahui bangunan ambruk, ia bergegas lari menjauh. Sedangkan keempat temannya tidak dapat kabur lagi sehingga tertimpa. “Setelah diselamatkan, mereka langsung dibawa pulang,” kata warga Jeruju ini.

Tidak hanya keempat orang tersebut yang menjadi korban. Beberapa saksi mengatakan melihat belasan korban lainnya. “Saya ada menyelamatkan dua orang pria. Yang satu berusia sekitar 20 tahun mengalami luka kepala dan punggung dan anak usia empat tahun, luka lecet di pipi. Tapi saya tidak tahu nama keduanya,” kata Yanto, 35, warga Panglima Aim.

Yanto memastikan, kedua korban yang ia selamatkan, bukan dari empat orang yang dikatakan Aji. Saat kejadian, ia sedang duduk-duduk sehabis mencari barang-barang bekas. Melihat bangunan ambruk, ia pun langsung menolong para korban dari reruntuhan.

Lain lagi dikatakan Rahmat, 34. Warga kampong Beting ini melihat lima orang keluar dari reruntuhan. Dari kelima orang tersebut di antaranya ada seorang ibu-ibu bersama anaknya berusia sekitar sembilan tahun. Saat keluar dari reruntuhan, ibu dan anak tersebut mengalami luka-luka.

Para pemulung yang menjadi korban, langsung pulang. Polisi kesulitan mengidentifikasi para korban. Namun sampai berita ini diturunkan belum ada kabar korban yang meninggal dunia.

Warga menduga masih ada korban yang masih tertimbun. Mereka pun lantas berusaha membongkar beton-beton sisa reruntuhan tersebut. Namun karena hanya menggunakan alat yang seadanya, mereka pun menyerah.

Akhirnya, tim Badan SAR Nasional (Basarnas) diterjunkan untuk membantu membongkar reruntuhan. Tim SAR (Search and Rescue) ini berusaha memecahkan beton untuk mencari warga yang mungkin masih tertimpa.

Hingga pukul 15.30 tim berhasil memindahkan reruntuhan. Namun tidak ditemukan korban lain yang tertimpa. Kejadian ini pun membuat warga ramai berkumpul. Polisi kewalahan melarang massa yang ingin menonton ini.

Untuk membubarkan massa, polisi pun mengeluarkan tembakan ke udara sebanyak satu kali. Warga pun berangsur-angsur menjauh dari lokasi.

Kasat Reskrim Polresta Pontianak, Kompol Puji Prayitno SIK menuturkan, data sementara korban reruntuhan sebanyak empat orang. Namun diduga masih ada korban lainnya. “Diduga lebih. Saat ini anggota sedang mencari data korban lainnya. Sementara ini belum ada laporan korban yang meninggal dunia,” terangnya.

Advertisements

Entry filed under: News.

Wah!! Ada Kapal Tabrakan, Lintasan Muara Jungkat Jadi Terhambat Vihara Bodhisatva Ramai Pengunjung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: