Polandia Lirik Batu Bara Kalbar

February 7, 2011 at 12:41 Leave a comment

barubara kalbar

Produksi Batu Bara

Pontianak. Pemerintah Republik Polandia melirik potensi alam yang dimiliki Kalbar. Kepala Divisi Promosi Perdagangan dan Investasi Kedutaan Besar Polandia di Indonesia, Romuald Morawski bertemu langsung gubernur Kalbar, membahas potensi alam untuk investor Polandia.

“Kita akan melakukan kerja sama dengan pemerintah Kalbar di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata. Kalbar mempunyai potensi yang berlimpah, terutama di bidang sumber daya alam seperti batu bara,” kata Romuald setelah bertemu Gubernur Kalbar Cornelis di Pontianak, Selasa (1/2) lalu.

Dijelaskan Romuald, Polandia punya pengalaman 600 tahun di bidang pertambangan. Sedangkan untuk Kalbar yang sangat menarik minat adalah sektor pertambangan. Bahkan dalam pertemuan dengan Gubernur Cornelis, kedua belah pihak saling bertukar informasi mengenai potensi ekonomi masing-masing.

Menurut Romuald, Polandia ingin dapat mengekspor sejumlah produk unggulan ke Kalbar, misalnya peralatan-peralatan pabrik, tambang, mesin listrik berkapasitas kecil. Apalagi Kalbar sangat membutuhkannya. “Polandia juga memiliki perusahaan yang besar di bidang itu. Hal menarik lainnya, Kalbar memiliki potensi aloevera yang bisa digunakan untuk bahan kosmetik,” kata dia. Kosmetik merupakan salah satu produk unggulan dari Polandia. “Kami tertarik untuk berinvestasi di Kalbar,” ujar Romuald.

Dikatakannya, di wilayah Kalimantan, Polandia lebih banyak berinvestasi di Kalimantan Timur. Namun, bukan berarti Kalbar mendapat perhatian tertentu. ”Kunjungan ini juga kami lakukan di provinsi lain di Indonesia,” jelas Romuald.

Romuald mengungkapkan, untuk lebih memperkuat kerja sama Kalbar dengan Polandia, Maret mendatang akan digelar seminar mengenai peluang investasi dan perdagangan di Polandia. Kedubes Polandia di Indonesia akan menggandeng Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kalbar untuk menyelenggarakan seminar tersebut. “Seminar nanti akan digelar di Pontianak,” ungkapnya.

Ketua Kadin Kalbar, Santyoso Tio SH MH mengatakan, pertemuan pemerintah Kalbar dengan pemerintah Polandia memberikan peluang penting untuk menumbuhkan sektor investasi. Apalagi kedua pemerintahan sama-sama saling menjajaki potensi investasi yang dapat dikembangkan. “Tadi Pak gubernur sudah memaparkan, kita punya potensi yang besar di perkebunan, seperti kelapa sawit dan karet. Sudah barang tentu kita mengharapkan adanya investor pada potensi ke arah sana. Mungkin apakah ada pendirian pabrik untuk CPO, entah minyak makan dan margarine,” ungkap Santyoso ditemui usai mendampingi Pemprov Kalbar dalam berdialog dengan perwakilan pemerintah Polandia.

Dijelaskan Santyoso, kedatangan perwakilan pemerintah Polandia ini baru penjajakan, dan saling tukar informasi. Tentunya agar bisa saling memahami investasi di kedua daerah.

“Seminar nanti, pihak Polandia akan mengundang para pengusahanya ke Bumi Khatulistiwa untuk membicarakan langkah-langkah untuk investasi. Kita lagi berupaya bagaimana merealisasikan seminar itu. Karena dia akan membawa pengusaha asal Polandia untuk bertemu para pengusaha di Kalbar ini. Kita akan bicarakan lebih detail dalam seminar nanti yang dilaksanakan di pertengahan bulan Maret mendatang,” jelas Santyoso.

Advertisements

Entry filed under: News.

Maut Dini Hari Akibat Gulungan Karpet Pemkot Benahi Trotoar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: