Maut Dini Hari Akibat Gulungan Karpet

February 7, 2011 at 12:35 Leave a comment

kecelakaan mempawah pontianak

kecelakaan mempawah

Tabrakan dahsyat memecah kesunyian warga di KM 65,8 Jalan Opu Daeng Manambon. Parkir sembarangan membawa maut. Puluhan penumpang jadi korban.

Mempawah. Suasana malam ditambah perjalanan jauh membuat para penumpang bus KB 7519 C kelelahan dan tertidur lelap. Namun musibah tiba-tiba saja datang. Tepat di Jalan Raya depan Kantor Bupati Pontianak, bus oleng menghantam truk bermuatan karpet yang sedang parkir, Sabtu (29/1) sekitar pukul 03.45.

Bus angkutan umum jurusan Sintang-Kartiasa yang melaju ke arah pasar Kota Mempawah itu sarat penumpang, hingga kursi cadangan pun terisi. Tiga orang penumpang bus tewas di tempat. Tiga lainnya kritis dan puluhan lainnya luka-luka.

Bus tak busa mengelak karena truk KB 9480 AC berwarna merah yang pecah ban itu parkir di pinggir Jalan Opu Daeng Manambon KM 65, 8 tanpa memberi tanda pengamanan maupun penerangan.

Karena kondisi gelap ditambah hujan rintik-rintik, sopir bus Tjhin Tie Khong, 51, tak begitu jelas melihat hambatan yang mengadang. Dalam kondisi kecepatan lumayan, tiba-tiba saja brak! Bus menabrak bagian belakang truk. Nahasnya, gulungan karpet bangunan berdiameter sebesar drum minyak tanah dengan panjang kurang 6 meter lebih itu posisinya menjulur di belakang truk.

Tak ayal langsung menembus kaca depan bus dan menghantam penumpang yang duduk di bangku sebelah kiri bus. Penumpang yang rata-rata sedang tertidur tak sempat menghindar. Tiga orang tak sempat membuka mata, langsung tewas di tempat dengan mengenaskan.

Warga setempat yang sedang tidur sontak terbangun mendengar bunyi ledakan dahsyat. Korban kemudian dikeluarkan dari dalam bus dan dibawa ke rumah sakit Dr Rubini Mempawah. Sementara, sopir truk melarikan diri dan meninggalkan truknya begitu saja.

Ketiga korban tewas yakni, Erlan, 27, warga Dusun Setia Desa Kalimantan Kecamatan Paloh, Burhan, 34, warga Dusun Temajuk Desa Sebubus Kecamatan Paloh dan Hendriano, 18, warga Desa Panjajap Kecamatan Pemangkat yang mengalami remuk di bagian tengkorak kepala hingga matanya keluar benturan benda keras.

Sedangkan tiga korban kritis adalah Budi, 32, warga Kecamatan Pemangkat yang dirujuk ke Rumah Sakit Singkawang karena mengalami patah kaki. Sementara Dedi, 27, warga Kecamatan Pemangkat dan Andi, 28, warga Desa Karya Sakti Kecamatan Tanggaran Kabupaten Sambas mengalami luka parah dirujuk ke Rumah Sakit Pontianak.

“Penumpang termasuk saya saat itu rata-rata sedang tertidur. Tiba-tiba saya kaget karena mobil terguncang. Saat saya membuka mata, sudah ada besi di depan hidung saya, namun tak mengenai wajah saya. Saya melihat penumpang lainnya ada yang terjepit dan meninggal,” kata Sabrani salah seorang penumpang bus yang ditemui di lokasi kejadian dini hari, kemarin.

David, dokter RSUD Dr Rubini Mempawah yang menangani korban mengatakan, korban yang dibawa di rumah sakit dalam keadaan meninggal ada tiga orang. Sementara dua orang kondisinya benar-benar kritis dan satu orang kondisinya kritis. “Korban mengalami benturan hebat, mengalami pembengkakan dan patah tulang di beberapa bagian tubuh,” terang David yang ditemui usai menangani para korban dini hari, kemarin.

Kapolres Pontianak melalui Kasat Lantas AKP Chandara Kirana SIk mengatakan, tabrakan terjadi akibat bus menabrak truk yang sedang parkir. “Diperkirakan truk sedang parkir tanpa menghidupkan lampu kendaraan maupun memasang rambu-rambu lalu lintas. Akibatnya, bus tidak mampu melewati truk dan menghantam bak belakang sebelah kanan,” terang Chandra Kirana yang langsung turun di lokasi di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Terkait dengan sopir truk yang melarikan diri, Chandra mengatakan, identitasnya sudah diketahui dan akan memanggilnya. “Sopir bus sudah diamankan di Mapolres Pontianak untuk dimintai keterangannya. Termasuk saksi-saksi lain yakni penumpang yang selamat. Sedangkan sopir truk masih dicari keberadaannya,” ujarnya.

Advertisements

Entry filed under: News.

Teluk Pakedai Dipenuhi Bangunan Walet Polandia Lirik Batu Bara Kalbar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: