Abu Naga Dipercaya Bawa Rezeki

February 11, 2009 at 09:38 Leave a comment

SUNGAI RAYA -Atraksi karnaval

Bakar Naga

Bakar Naga

naga merayakan Cap Goh Meh di Kota Pontianak berakhir. Prosesi itu berakhir dengan ritual pembakaran delapan naga, Selasa (10/2) pukul 15.00 di Yayasan Pemakaman Bhakti Suci, Jalan Adisucipto, Sungai Raya, Kubu Raya. Bagi penganut, pembakaran di tahun kerbau akan memperlancar rezeki, memperpanjang umur dan keselamatan bagi warga Kalbar.

Ritual bakar naga membuat warga tumpah menyaksikan langsung prosesi tersebut. Masyarakat berbondong-bondong datang meny

aksikan ritual tersebut. Bahkan ada yang percaya mengambil abu sisa pembakaran, akan memberi berkah sepanjang tahun ini. Sebelum dilakukan pembakaran, beberapa naga yang terdaftar dari berbagai yayasan di Kota Pontianak ada yang melakukan atraksi tutup mata. Atraksi tersebut dilakukan di beberapa tempat. Bahkan beberapa kelompok permainan naga beberapa waktu sebelumnya mengelar pertunjukan pada beberapa instansi. Ada yang melakukannya di Mapoltabes Pontianak, Polda Kalbar dan beberapa instansi pemerintah daerah ini. Ada juga, yang mempertontonkan kelihaiannya meliuk-liuk di beberapa tempat usaha. Naga beraksi selama Cap Go Meh, kemudian pulang ke nirwana.

Warga yang melihat langsu

ng prosesi “mengantar” naga ke langit begitu berjubel memenuhi lokasi pembakaran. Animo masyarakat sangat besar pada penutupan Imlek ke 2560 dengan puncak acara pembakaran naga (Sau Liong). Satu persatu secara bergantian naga ditaruh di tanah lapang dengan posisi melingkar lalu dibakar beramai ramai. Ketika api menyala membakar naga, tidak pelak warga disekitarpun bersorak kegirangan dan sambil menyembah. Ada juga warga berlomba-lomba untuk mengambil abu kayu api membakar naga, yang konon bisa membawa keberuntungan.

Sebelum dibakar naga-naga b

ersama para pengarak yang masih muda memberi penghormatan terakhir di klenteng sekitar lokasi pembakaran. Setiap naga, saat tiba di lokasi, lalu memberikan penghormatan dengan sembahyang terakhir di kelenteng. Naga diletakkan di formasi melingkar, layaknya seekor ular yang istirahat. Usai diritualkan, naga dibakar bergiliran. Ketua Pekong Wui Tho Fu Sat di sekitar kawasan tempat pembakaran naga, Tan Bak Kung menjelaskan kalau ritual tutup mata dan pembakaran naga merupakan bagian perayaan tahun baru Imlek dan Cap Go Meh. Warga Tionghoa memiliki kepercayaan kalau naga-naga yang sudah turun ke bumi membawa misi kebaikan, dan mengusir roh jahat di sekeliling

manusia.

“Pembakaran juga memilik

i makna dan kepercayaan lain menghindari berbagai musibah tidak diinginkan. Apabila tak dilakukan, diyakini akan menim

b

ulkanbencana seperti banjir, kebakaran, dan musibah lain. Upacara pembakaran juga ditata sendiri dengan mulainya dari kepala naga,” kata Tan Bak Kung. Usai dibakar satu per satu dan api benar-benar padam, ribuan warga yang sejak tadi memenuhi pemakaman saling berebutan memperoleh abu pembakaran naga. Abu naga diyakini membawa keberuntungan. Selain barongsai, naga adalah simbol kekuatan. Naga juga dipercayai memiliki magnet mengusir bala juga sebagai lambang kekuasaan. “Setelah ritual itu dilakukan, kami percaya naga-naga ini akan membawa berkah,”

jelas penjaga pekong Wui Tho Fu Sat ini. Sukses melaksanakan misi pembakaran, roh naga diantar kembali ke langit

(Nirwana). Tentunya keberangkatan naga ke atas disertai dengan doa-doa, supaya kehidupan manusia di bumi benar-benar terlindungi dan diberi berkah berlimpah.

Bakar Naga
Advertisements

Entry filed under: cap go me. Tags: .

Siapkan Atraksi Menarik Ku Bahagia Hari Ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: