Siapkan Atraksi Menarik

February 5, 2009 at 19:28 Leave a comment

Lampion_capgomeh

Lampion_capgomeh

PONTIANAK – Para pemain naga dalam perayaan Cap Goh Meh siap mempertontonkan atraksi menarik. Kendati bermain dalam kecemasan, para pemain sudah berlatih sejak beberapa waktu lalu. “Kami akan main. Kami tetap ikut aturan main,” kata Abun, pemain naga dari Yayasan Pemadam Kebakaran Panca Bhakti Pontianak, Rabu (4/2). Abun mengaku tidak melakukan persiapan yang serius. Karena para pemain naga yang akan dilibatkan merupakan pemain lama. Kepiawaian mereka sudah terasah sejak tahun 90-an. Rencananya, seluruh atribut permainan naga baru akan di bagikan pada Jumat (6/2) nanti.
“Tahun ini kami akan tampil dengan naga sepanjang 65 meter dan dua ikan mas,” katanya kepada Pontianak Post.

Selain dibakar, naga Yayasan Pemadam Kebakaran Panca Bhakti Pontianak rencananya akan ber-shin cia ke kediaman sejumlah donatur. Kedatangan naga tersebut tentu saja untuk mengusir hawa jahat, sekaligus memberi penghormatan. Dalam perayaan Cap Go Meh 2560 ini, Abun berharap semua dapat berjalan lancar tanpa ada halangan. Badan Pemadam Kebakaran Swasta Budi Pekerti menyatakan siap meramaikan arak-arakan naga yang dijadwalkan berlangsung pada 9 Pebruari di Jalan Gajah Mada Pontianak. Menurut Ketua Panitia Naga BPK tersebut, Ng Ai Ming, naga yang akan diturunkan pihaknya yaitu sepanjang 60 meter. Naga itu merupakan sumbangan dari para donatur. Sebanyak 120 orang pemain naga juga telah disiagakan.

Ng Ai Ming yang saat itu didampingi sekretarisnya, Sudianto, juga menyebutkan bahwa untuk tahun ini tidak ada latihan khusus yang dilaksanakan oleh pihaknya. Para pemain hanya diinstruksikan untuk latihan fisik yang dilakukan secara pribadi. Hal ini karena kebanyakan pemain sudah berpengalaman. “Para pemain kita rata-rata orang lama dan mereka sudah melaksanakan latihan,” katanya usai rapat internal di BPK Budi Pekerti, kemarin siang. Latihan fisik yang dimaksudkannya yaitu berupa jogging, latihan pernafasan dan lain-lain. Meskipun sudah siap untuk “turun”, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan informasi yang jelas dari panitia induk arak-arakan naga.

Sebab, panitia terlebih dahulu akan menggelar rapat bersama yang dipusatkan di Sekretariat Pemadam Kebakaran Jalan Merdeka, Rabu (4/2) malam. “Kita belum tahu pasti berapa total naga yang akan turun, kapan naga buka mata, jam berapa arak-arakan naga dan bagaimana teknisnya. Setelah rapat nanti malam baru semuanya jelas,” ujar dia. Dari informasi yang diperoleh Pontianak Post, sedikitnya ada empat badan pemadam kebakaran yang akan menurunkan naganya dalam perayaan tahun ini yaitu BPK Budi Pekerti, Panca Bhakti, Merdeka dan YPKK (Yayasan Pemadam Kebakaran Khatulistiwa). Ng Ai Ming juga sedikit berkomentar mengenai adanya kelompok tertentu yang kurang setuju dengan arak-arakan naga. Pada prinsipnya, kata Ai Ming, pihaknya akan mengikuti aturan main yang telah ditetapkan pemkot dan kepolisian. “Pemkot sudah bilang boleh, makanya kita akan main. Kita akan patuhi semua prosedur yang ditetapkan,” katanya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Walikota, Sutarmidji telah mengizinkan arak-arakan naga. Namun, kegiatan itu hanya dilaksanakan satu hari, yakni pada 9 Febuari mendatang di Jalan Gajahmada Pontianak. Arak-arakan naga maksimal dilaksanakan selama enam jam, mulai pukul 13.00 WIB sampai 18.00 WIB di Jalan Gajahmada. Sebelum diarak, naga berkumpul di Kebun Sajoek kemudian diarak menuju Jalan Gajahmada. Sedangkan saat naga buka mata pada 7 Pebruari, naga tidak boleh diarak. Jika ingin mengunjungi bermain di rumah-rumah untuk mengumpulkan dana, harus menggunakan truk.

Advertisements

Entry filed under: Lainnya. Tags: .

Jalan Hancur Jembatan Putus Abu Naga Dipercaya Bawa Rezeki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: