Jalan Hancur Jembatan Putus

February 3, 2009 at 09:35 Leave a comment

SANGGAU-Seakan tak ada habisnya kisah jalan raya Jalur Kembayan B 1. Pasalnya jalan tersebut kondisinya semakin memprihatinkan. Sehingga akses transportasi yang menghubungkan Kecamatan Jangkang dengan daerah lainnya  harus terganggu, akibatnya masyarakat setempat dibuat bak katak dalam tempurung, lantaran mereka harus terkungkung tanpa keberdayaan. Dengan kapasitasnya sebagai jalan Provinsi yang dibangun tahun 1981, jalan sepanjang 65 Km itu memiliki arti penting bagi masyarakat setempat. Begitu pentingnya sehingga warga harus menebusnya dengan ratusan ribu rupiah untuk biaya ojek, jika bepergian Kata Pemuka Masyarakat Kecamatan Jangkang Arsinius Jiten kemarin.

Ia menyebutkan jalan yang dibangun sejak seperempat abad itu terkesan diabaikan, bahkan sudah beberapa kali pergantian Gubernur tidak pernah ada upaya dari pemerintah untuk melakukan perbaikan, baik berupa pengerasan apalagi pengaspalan. Rumor yang beredar para pengusaha yang bergerak dibidang pengembangan akses trasportasi terutama para kontraktor, sangat enggan diduga adanya kendala-kendala yang merugikan usaha pembangunan,kata dia.
Jika demikian permasalahnya, sebutnya, diharapkan para investor yang ingin beroperasi di daerah tersebut terlebih dahulu mengupayakan jaminan keamanan kepada pihak terkait. “Baik itu kepada tokoh masyarakat, pemuda, kepala desa dan temangung adat, bila perlu meminta perlindungan juga kepada aparat keamanan. Dengan demikian tidak ada lagi alasan takut, “ujarnya.

Jikapun ada upaya pemerintah untuk memperbaiki atau melakukan pemeliharaan dana yang dianggarkan sangat minim. Disebutkannya anggaran tersebut kisaran Rp193 juta, untuk pengerjaannya, sehingga kontraktornya tidak dapat merampungkan pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan. “Dengan demikian masyarakat menganggap bahwa kinerja kontraktor tidak profesional, lantas kondisi jalan tak selang beberapa lama rusak kembali,”cetusnya. Disamping kian parahnya kondisi jalan, kini juga ada kerusakan pada ujung sebuah jembatan Sungai Kaen pada kilo meter 43, RT 10 Dusun Tanggung.

Selain itu terdapat beberapa kerusakan lain, seperti lobang jalan di sekitar jembatan yang mencapai 5 meter Akibatnya kendaraan yang melintas di jalan tersebut sudah berapa hari ini tidak lagi beroperasi.   Kondisi ini membuat warga menjadi khawatir. Jika saja tidak segera diperbaiki oleh pihak terkait maka jembatan yang sudah mulai tergerus itu menjadi jebol, sehingga ambruklah jembatan tersebut. Untuk mengantisipasi hal tersebut warga setempat berinisiatif melakukan perbaikan jembatan, dengan dana yang mereka galang sendiri, sedangkan bahan-bahan yang mereka pakai adalah batang pohon kelapa.

Advertisements

Entry filed under: News. Tags: .

Lokalisir Naga Diperluas Siapkan Atraksi Menarik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: